film searching

Tutorial Memahami Jejak Digital di Film Searching

 Searching
(2018) on IMDb

Prolog

Searching adalah sebuah film thriller tentang perjuangan seorang ayah yang mencari anaknya yang hilang. Tokoh ayah di film ini benar-benar memanfaatkan segala teknologi yang umum kita gunakan sehari-hari seperti mesin pencari Google, Google Maps, Internet Banking, Media Sosial, serta Instant Messaging untuk membantunya dalam pencarian.

Sepanjang film kita akan disuguhkan cerita dari layar laptop dan ponsel. Jadi jangan heran jika banyak adegan chatting dan video call yang ditampilkan secara detail atau pun adegan memindahkan file di laptop yang begitu sederhana tapi memberikan dampak pada cerita yang sedang dibangun.

Sesaat film ini seperti mengajak saya bernostalgia dengan perkembangan teknologi. Mulai dari awal menggunakan Windows XP, berbincang dengan MIRC. Lalu kita juga serasa napak tilas dengan beragam tampilan awal Youtube dari dulu hingga sekarang.

Alkisah

Film di awali dengan sebuah premis keluarga kecil yang bahagia. Setiap momen kebersamaan yang ditampilkan dalam foto serta video seakan mengajak kita ikut larut dalam nostalgia. Lalu momen bahagia tersebut berakhir setelah tokoh ibu (Pamela Kim) meninggal karena kanker.

Sepeninggal Pamela Kim, David Kim mulai menjadi single parent bagi Margot Kim, putri semata wayang mereka. Hubungan ayah dan anak ini digambarkan tidak terlalu baik. Saudaranya David Kim, Peter Kim mencoba mengingatkan David perihal komunikasi yang kurang intens dengan anaknya.

Pada suatu malam, Margot menghubungi David yang tengah tertidur. Keesokan harinya David mencoba menghubungi Margot namun tidak ada jawaban. David mengira bahwa Margot telah pergi les piano. Lalu David mencoba menghubungi instruktur piano Margot, namun ternyata Margot sudah 6 bulan tak menghadiri les piano.

Searching, FaceTime
Adegan ketika David Kim mencoba menghubungi Margot

David yang tengah khawatir dengan Margot menjadi semakin kesal karena Margot telah membohonginya selama ini. Hari mulai larut, akhirnya David memutuskan untuk melaporkan anaknya sebagai orang hilang. Pencarian pun dimulai.

Tak lama setelah David melaporkan anaknya sebagai orang hilang, seorang Detektif bernama Rosemary Vick menghubunginya dan siap membantu David mencari anaknya.

Rosemary mulai mengumpulkan segala informasi tentang Margot. David dan Rosemary pun berbagi peran. Rosemary mengecek Margot di fasilitas publik seperti rumah sakit, sedangkan David mulai mencari informasi dari teman-teman Margot yang sama sekali tak ia kenali melalui akun Facebook Margot.

Pencarian keduanya mulai menemukan titik terang, Rosemary menemukan rekaman CCTV jalan yang dilewati oleh Margot. Sementara David menemukan fakta bahwa uang les piano selama 6 bulan terakhir ternyata disimpan oleh Margot untuk dikirimkan pada seseorang melalui akun Venmo.

Setelah menemukan informasi terkait pengiriman uang ke akun Venmo dan rekaman CCTV terakhir arah laju mobil Margot, Detektif Rosemary mulai mengarahkan opini bahwa Margot sebenarnya tidak hilang tapi mencoba kabur.

Searching, YouCast
Momen ketika David Kim mengakses situs sosial media YouCast

David yang mulai ragu dengan kesimpulan yang dibuat oleh Rosemary, tak sengaja menemukan video dari situs jejaring sosial YouCast tentang Margot yang selama ini sering berkunjung ke Danau Barbosa. David pun segera pergi ke danau tersebut dan menemukan gantungan kunci Margot. Mobil Margot pun ditemukan, namun kondisi Margot sendiri masih menjadi misteri.

Selanjutnya pencarian semakin intens di kawasan danau tersebut. Satu persatu kepingan misteri mulai terungkap. Hasil “SearchingDavid Kim mulai melahirkan asumsi lain yang merujuk pada fakta sebenarnya terkait hilangnya Margot.

Di akhir film, plot twist yang disuguhkan begitu detail. Bagian-bagian kecil yang tak saya sadari ketika David Kim melakukan “Searching” menjadi kunci penutup cerita.

Sumber gambar : https://www.imdb.com/